Mengingat pelajaran itu lerasa lebih susah dibanding mengingat lirik lagu, betul gak? Ini tentunya jadi urusan serius karena dapat memengaruhi prestasi sekolah. Buat kalian yang pelupa dan kesulitan mengigat pelajaran, coba simak 5 tips ampuh dibawah ini !

1. Membaca Ulang Materi yang sudah Diberikan

Membaca ulang suatu materi merupakan hal paling mudah untuk mengingat suatu pelajaran. Dengan mengulangi pelajaran kita dapat melatih otak untuk merekam informasi lebih maksimal.

2. Membuat MindMap

Mindmap / peta konsep gak pernah gagal menyulap materi sulit jadi praktis.buatlah mindmap sesuai karaktermu sehingga kamu mudah untuk memahaminya. Permainan warna dan bentuk bisa jadi pilihan variasi yang bikin peta konsepmu jadi eye catchy.

3. Tidak Memforsir Kinerja Otak

Jangan memaksakan kinerja otakmu untuk belajar, focus pada satu hal yang membuat pelajaran menjadi masuk daripada kamu memaksakan mengingat semua pelajaran dalam satu waktu. Otak juga perlu istirahat unutk mengingat informasi baru lainnya.

4. Menciptakan Kuis dan Permainan Seru

Saat otakmu bosan dengan cara monoton / itu-itu aja, coba cara lain. Yaitu dengan cara membuat game atau kuiz Bersama teman-temanmu.

5. Merekam Point Penting dan Sering Memutarnya

Mendengarkan rekaman pelajaran memang tidak seseru saat kamu mendengar lagu dari band favorit. Namun cara ini cukup efektif untuk mengasah ingatan kalian.. rutin mendengarkan rekaman pelajaran sambil melakukan banyak hal, secara tidak langsung melatih otak menerima hal sama, dan akhirnya dapat memahami pelajatan tersebut.

sumber foto : Kumparan.com