Menjadi anak yang berprestasi di sekolah merupakan salah satu kebanggaan tersendiri bagi diri dan orang tua. Guru di sekolah pun akan ikut bangga dan senang tentunya.

Nah, untuk menjadi anak yang berprestasi dan unggul diantara teman-teman kalian di sekolah, ada beberapa hal penting yang harus kalian perhatikan kaitanya dengan cara belajar, system belajar dan cara membagi waktu belajar.

Berikut ini 11 cara meningkatkan prestasi di sekolah secara efektif dan efesien dibawah ini.

1. Carilah identitas diri sehingga melatih rasa tanggung jawab Jika bapak/ibu guru meminta kita kalian untuk mengerjakan sesuatu misalnya mengerjakan soal di depan kelas, membersihkan ruang kelas, dan sebagainya janganlah ragu untuk mengerjakanya. Dari hal tersebut akan timbul pencarian kemampuan, jati diri, dan tanggung jawab kita.

2. Dengarkan penjelasan guru Jika ada pertanyaan dari teman maupun guru hendaknya tidak perlu malu dan takut untuk menjawab, semua adalah proses belajar, maka jawablah setiap pertanyaan yang diajukan semampumu.

3. Hindari rasa malu untuk bertanya Selalu ajukan pertanyaan kepada teman atau guru apabila tidak mengerti tentang suatu hal.

4. Kerjakan tugas di kelas atau di rumah dengan baik Janganlah malas untuk mengerjakan tugas baik di sekolah maupun di rumah. Hindari alasan lupa atau menunda-nunda pekerjaan.

5. Bagi waktu (istirahat, main, dan diskusi) Setelah pulang sekolah, jangan lantas bermain dan melupakan segala hal penting lainya misalnya makan, atau ibadah. Setelah seharian di sekolah, tak terasa badan kita membutuhkan masukan energy tambahan yang bisa didapatkan dari istirahat dan dan makanan yang kalian makan. Oleh karena itu, kalian harus dapat membagi waktu untuk makan, istirahat, dan bermain. Dengan demikian kalian tidak mudah capek dan tidak mengantuk saat mengikuti pelajaran di kelas.

6. Ulangi pelajaran yang pernah diajarkan di sekolah Jika kalian mau mengingat apa yang pernah diajarkan guru, maka kalian tidak akan lupa banyak hal yang kalian dapatkan terutama saat ada ulangan, kalian tidak perlu mempelajari banyak bahan.

7. Banyak berlatih terhadap semua pelajaran Jika kita ingin cepat paham, maka seringlah untuk berlatih, mencoba mengajarkan soal-soal di buku.

8. Ikutilah kegiatan yang mampu meningkatkan prstasi Jika kalian ingin menjadi orang sukses, maka galilah potensi diri kalian. Kalian bisa tingkatkan dengan kegiatan positif, misalnya bermusik, berolahraga, membuat karya ilmiah, dan lain-lain. Tingkatkan kegiatan yang kalian sukai. Banyak orang berprestasi diluar sekolah, bahkan banyak yang menjadi milyarder meskipun tidak sekolah hingga doctor, tetapi mereka harus menggali potensi diri untuk nantinya bisa menjadi orang yang sukses.

9. Cari pembimbing dan teman yang baik Orang tua adalah pembimbing yang baik selain guru. Apabila ada yang kurang jelas dari keterangan guru di sekolah, kalian dapat menanyakan hal tersebut kepada orang tua. Atau mencari teman dekat yang baik, yang mengarahkan pada kebaikan, bukan mengajak pada kesesatan. Kalian juga dapat belajar dari teman yang berprestasi.

10. Hindari berbuat curang Kalian harus menjauhi perbuatan curang seperti mencontek, mencuri atau perbuatan yang tidak santun lainya, kalian bisa bodoh karena perbuatan yang tidak baik.

11. Hindari menipu, mengejek teman, ,maupun perkelahian Hindarilah menipu, perkelahian, dan perbuatan yang tidak baik lainya. Ingat: Tingkatkan prestasi yang ada dalam diri kalian mulai dari sekarang. Kalian pasti bisa membuktikanya dengan bekerja keras selagi yang lain tidur. Berusaha dan berdoalah dengan sungguh-sungguh agar menjadi yang terbaik.

Copyright www.belajarkreatif.net