Menteri Pendidikan dan kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy meresmikan pembukaan Gala Siswa Indonesia (GSI) 2018 di Stadion Soemantri Brodjonegoro, Selasa (9/10). Dalam kesempatan itu, Mendikbud menjanjikan akan mengirim sang juara untuk berlatih bersama klub Juventus dan bertemu Christiano Ronaldo.

Seperti yang dilansir dari kemdikbud.go.id, Mendikbud menjelaskan, sosok juara pada GSI tahun 2018 akan mendapatkan kesempatan berlatih di Turin. Artinya, akan dikirim untuk berlatih di klub Juventus, Turin, Italia.

"Semuanya saya minta punya mimpi berangkat ke Italia dan bertemu dengan Christiano Ronaldo," serunya. Untuk itu, para kontingen diinstruksikan untuk menunjukkan permainan terbaiknya agar bisa menyalurkan bakatnya di bidang olahraga, terutama sepakbola. Kuncinya, jangan menyerah. Terus semangat dan tunjukkan keahlian terbaik yang ada dalam diri.

Lebih lanjut, dari olahraga ini, Mendikbud berharap akan muncul talenta-talenta muda yang menjadi pemain sepak bola profesional kebanggaan bangsa Indonesia yang tentunya bisa mengharumkan tanah air di kancah internasional. Sementara itu, menurut laporan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Hamid Muhammad, kompetisi sepak bola yang diselenggarakan untuk pertama kali ini dilaksanakan secara bertahap mulai tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, dan nasional.

Sebelum memasuki kompetisi tingkat nasional, GSI diikuti 2.872 kecamatan, 257 kabupaten/kota, dengan jumlah peserta 11.435 sekolah, masing-masing tim sebanyak 18 orang, dan offisial sebanyak 4 orang. Jumlah pertandingan GSI yang telah digelar untuk tingkat kecamatan sebanyak 2.588 pertandingan dan tingkat kabupaten/kota sebanyak 737 pertandingan.

Sedangkan pada tingkat provinsi dilaksanakan sebanyak 165 pertandingan. Sehingga total pertandingan GSI yang telah digelar di 34 provinsi mencapai 3.490 pertandingan.

Pertandingan ini akan berlangsung mulai 8 hingga 21 Oktober 2018 jika ditotal diikuti 612 peserta, serta 136 pendamping (official).

Foto : Dok. kemdikbud.go.id