Setiap orang pasti pernah mengalami kesulitan belajar, tak terkecuali kamu baik itu karena kurang sehat, pengaruh suara obrolan orang lain, pikiran yang tidak menentu, hingga rasa lapar yang menghampiri. lalu, bagaimana cara mengatasinya agar belajar bisa fokus ya?

1. Jagalah kesehatan tubuh

Dengan tubuh yang sehat, kamu akan mampu meningkatkan dan mengaktifkan fungsi otak semaksimal mungkin untuk berkonsentrasi dalam menghafal beragam pelajaran. sehingga ilmu yang terserap lebih mudah dipahami dibandingkan ketika tubuh sedang kurang fit.

2. Siapkan camilan sebelum belajar

Bunyi perut yang kosong karena kondisi lapar akan membuat kamu sulit belajar dengan baik. Jadi, pentingnya camilan untuk mengatasi kondisi ini. Tapi ingat, jangan terlalu kenyang juga karena akan mengantuk.

3. Cukup tidur dan istirahat

Pastikan kamu memiliki waktu istirahat dan tidur yang cukup. Baik sebelum belajar maupun ketika akan menghadapi ujin. Dengan cukup tidur dan istrahat, bukan saja memudahkan belajar, namun juga menyehatkan tubuh.

4. Kurangi stress dan cari solusinya

Setiap dari kamu pasti pernah menemukan masalah di dunia ini. Kenyataannya adalah hidup memang penuh dengan persoalan. Kamu harus mengatur dan memilah stress yang kamu rasakan lalu kemudian mencari solusi dari semua yang telah terjadi. Jika hal ini belum teratasi, sulit rasanya untuk bisa belajar dengan serius.

5. Jauhkan pikiran negatif

Jika disaat proses belajar kamu dihantui oleh sejumlah pikiran negatif, maka berhentilah sejenak untuk mengosongkan pikiranmu lalu lanjutkan lagi kegiatan belajarmu.

Selain cara-cara diatas kamu juga harus memperbaiki mood. Karena dengan mood yang baik, pelajaran pun mudah diserap dan pasti cepat masuk ke otak.