Mendengar kata statistik, sudah pasti deretan angka, rumus dan hitung-hitungan yang kerap muncul di otak kamu. Tidak heran jika para pelajar banyak yang kurang berminat mempelajarinya. Namun, jika kamu berminat mendalaminya, ada cara mudah untuk menguasainya, loh!

Pada dasarnya, untuk mempelajari statistik sebenarnya tidak sulit dan tidak serumit yang dibayangkan. Asalkan ada kemauan, sudah pasti akan bisa diselesaikan. Yang penting, banyak berlatih atau praktek agar terbiasa dan cepat hafal rumus penyelesaian.

Secara umum, Statistik adalah sekumpulan angka yang digunakan untuk menerangkan sesuatu baik itu angka acak mapun angka tersusun dalam suatu daftar grafik.

Pengertian statistik lain yaitu, statistik adalah sekumpulan cara dan aturan tentang pengumpulan, penganalisaan, pengolahan dan penafsiran data dari angka-angka. Statistik adalah sekumpulan angka yang menjelaskan sifat data ataupun hasil pengamatan.

Berikut, pengertian statistik menurut para ahli.

Drs. Djawanto

Statistik adalah kumpulan angka-angkayang berhubungan dengan melukiskan suatu persoalan.

J.Supranto

Mengemukan 2 pengertian statistika dalam arti sempit dan dalam arti luas. Dalam arti sempit, Statistik adalah data ringkasan yang berbentuk (kuantitatif).

Dalam arti luas, Statistik adalah ilmu yang mempejari cara pengumpulan , penyajian , serta analisa data , dan pengambilan kesimpulan secara umum berdasarkan hasil dari penelitian yang menyeluruh.

Croxton dan Cowden

Statistik adalah metode untuk mengumpulkan, mengelola, menyajikan dan menginterpretasikan data yang berwujud angka.

Prof. Dr. Sudjana, M.A., M.Sc.

Statistik adalah pengetahuan yang berhubungan dengan cara-cara pengumpulan data, pengolahan penganalisisannya, serta penarikan kesimpulan berdasarkan kumpulan data dan penganalisasan yang dilakukan.

Anderson Dan Bancroft

Statistik adalah ilmu dan seni perkembangan dan metode yang paling efektif untuk pengumpulan,pentabulasian serta dan penginterpretasikan data kuantitatif sedemikian rupa, sehingga akan memungkin kesalahan dalam kesimpulan dan estimasi dapat diperkirakan dengan penggunaan penalaran induktif yang didasarkan pada matematik probailitas(peluang).

Steel dan Torrie

Statistik adalah metode yang memberikan cara cara untuk menilai ketidaktentuan dari penarikan kesimpulan yang bersifat induktif.

Selamat Hari Statistik, 26 September!