Tidak terasa SBMPTN 2020 sebentar lagi lohh. Pasti kalian sudah tidak sabar untuk bersaing dengan seluruh siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang ada di Indonesia. Eits, tapi nanti dulu nih, kalian tau ga si apa itu SBMPTN dan apa itu UTBK? Faktanya masih banyak yang keliru loh dengan kedua hal tersebut.Supaya kalian tidak salah pengertian, yuk jangan lupa simak infonya dibawah ini ya!

Diterima di Perguruan Tinggi Negeri yang diimpikan merupakan kebanggaan bagi setiap siswa-siswi yang baru saja lulus dari bangku sekolah SMA/SMK.

Sebelum diterima di Perguruan Tinggi Negeri, pasti ada persiapan yang harus kamu lakukan terutama dalam menghadapi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Sejak tahun 2019, pelaksanaan kegiatan SBMPTN mengalami perubahan dari tahun sebelumnya loh guys. Apa sih yang membedakan SBMPTN 2019 dengan SBMPTN tahun sebelumnya?

Jadi gini guys! Sejak tahun 2019 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menetapkan suatu kebijakan baru dalam penerimaan calon mahasiswa-mahasiswi Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. Kebijakan tersebut dinamakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

"Kenapa harus UTBK ? Kenapa tidak langsung SBMPTN saja? Ribet sekali sih!" Eits! jangan salah pengertian dulu sobat, diadakannya UTBK bukan hanya untuk iseng aja kok.

Tujuan diadakannya UTBK adalah untuk memprediksi para calon mahasiswa - mahasiswi agar mampu menyelesaikan studi di Perguruan Tinggi Negeri dengan tepat waktu dan memberi kesempatan bagi calon mahasiswa-mahasiswi untuk mengikuti tes secara fleksibel dalam memilih waktu dan lokasi tes.

Jadi, tujuan utama diadakannya UTBK adalah untuk memperoleh para calon mahasiswa-mahasiswi berkualitas yang nanti akan diterima di Perguruan Tinggi Negeri bergengsi dan siap bersaing di era generasi milenial saat ini.

"Lalu SBMPTN untuk apa dong ?" Tenang aja guys, SBMPTN masih memiliki arti penting di hidup kalian kok! Tanpa SBMPTN, UTBK tidak akan ada artinya.

Setelah melewati rangkaian UTBK, selanjutnya kalian akan mendapatkan skor nilai yang menjadi syarat utama untuk mengikuti SBMPTN. Skor nilai dan data diri merupakan hal penting yang akan kalian masukan pada laman SBMPTN untuk memilih perguruan tinggi negeri yang kalian inginkan.

Jadi gitu guys, penjelasan mengenai UTBK dan SBMPTN. Jangan sampai salah pengertian lagi ya kawa n-kawan.Pilih UTBK atau SBMPTN? Harus pilih dua-duanya ya! Ayo segera persiapkan diri kalian dalam menghadapi UTBK dan SBMPTN. Jangan sampai membuat hati kedua orangtua kalian bersedih dan tetap semangat!

Foto: ltmpt.ac.id