Setelah menambah jumlah sekolah yang diliburkan selama Asian Games 2018 dari 34 menjadi 70 sekolah mulai 17-31 Agustus 2018, Disdik DKI Jakarta mengeluarkan surat edaran resmi untuk sekolah yang akan melakukan proses belajar mengajar di rumah tersebut. Ini isi imbauannya!

Seperti yang dikutip dari kompas.com, surat edaran resmi tertanggal (8/8/2018) ini ditujukan untuk 31.526 siswa yang akan melakukan proses belajar mengajar di rumah.

Menurut Bowo Irinto Plt. Kepala Disdik DKI Jakarta, untuk sekolah yang terkena dampak Asian Games akan diberikan penugasan maupun penggantian hari-hari efektif belajar yang tentunya akan dikoordinasikan oleh masing-masing kepala sekolah yang bersangkutan.

Hal ini menjadi penting karena penugasan dan penggantian hari efektif belajar tersebut harus dilaporkan kepada Dinas Pendidikan melalui Bidang Persekolahan.

BACA JUGA : 70 Sekolah Yang Diliburkan Saat Asian Games 2018

Tujuannya, tentu untuk menunjang efektivitas pembelajaran siswa selama masa libur diterapkan. Sehingga, siswa tetap dapat mendapatkan ilmu dan tidak ketinggalan mata pelajaran.

Di sisi lain, Disdik DKI Jakarta pun mengimbau kepada sekolah yang tetap melakukan proses belajar mengajar agar melakukan hal ini selama perhelatan Asian Games 2018 berlangsung.

1. Menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar dengan nuansa Asian Games.

2. Merancang proses kegiatan belajar mengajar yang menyenangkan bagi siswa dengan tema Asian Games.

3. Mendorong minat dan keingintahuan siswa tentang Asian Games melalui diskusi pembelajaran.

4. Membuat aktivitas kreatif dengan memanfaatkan Asian Games seperti pertandingan antar kelas sebagai simulasi antar negara.

Empat langkah ini diharapkan bisa turut mensukseskan pesta olaharaga 4 tahunan di Asia ini yang turut melibatkan semua pihak, mulai dari dunia Pendidikan, kalangan pekerja, pebisnis, hingga kalangan pemerintahan.

Dengan cara ini pula diharapkan nama Indonesia akan tercatat sebagai penyelenggara Asian Games yang sukses dan dipercaya untuk menyelenggarakan event berskala internasional lainnya untuk kedepannya. Indonesia Bisa!!! (Foto : Dok. Tempo.co)