Bingung ingin magang dimana? Tidak punya referensi lowongan untuk magang? Tenang aja bro, sekarang ada loh tempat magang yang dibuka untuk umum dan cara pengajuannya gampang banget! Penasaran? Yuk simak info dibawah ini !

Magang merupakan bagian dari pelatihan kerja yang dilakukan oleh mahasiswa tingkat akhir sebagai salah satu syarat utama untuk menyelesaikan proses pendidikan.Magang dilakukan dengan cara learning by doing ( belajar dengan berbuat) yang diharapkan nantinya para mahasiswa yang sudah mengikuti magang dapat menambah wawasan, meningkatkan soft skill dan hard skill, menambah relasi, dan menambah penghasilan.

Namun, sulitnya mencari referensi tempat magang menjadi salah satu kendala yang dialami oleh para mahasiswa-mahasiswi. Oleh sebab itu, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti ) membuat suatu program terbaru yang ditujukan bagi para mahasiswa-mahasiswi program S1.

Bagian layanan informasi, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) bersama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuka kesempatan magang bagi para mahasiswa S1.

Program ini dibuka untuk umum dengan tiga kategori, yaitu perancang grafis, videografer, dan humas. Program ini juga memiliki syarat umum sebagai berikut :

1. Terdaftar sebagai mahasiswa aktif di salah satu perguruan tinggi yang diakui Kemendikbud.

2. Dapat bekerja dalam tim.

3. Adaptif dengan perkembangan teknologi digital.

4. Berpengalaman atau berminat belajar pada salah satu bidang magang yang dilamar.

5. Bersedia magang untuk periode Januari-April 2020

6. Diutamakan memiliki alat kerja sesuai dengan bidang magang yang dilamar.

Adapun syarat administrasi yang diberlakukan sebagai berikut:

1. Kartu Tanda Mahasiswa (KTM).

2. Curriculum Vitae (CV) yang memuat foto terbaru.

3. Surat pengantar ditandatangani pimpinan perguruan tinggi yang ditujukan Plt. Sekertaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kemendikbud dengan menyantumkan bidang magang yang dituju.

Seperti yang sudah disampaikan, program ini dikhususkan pada tiga bidang yaitu perancang grafis, videografer, dan humas. Sehingga setiap bidang memiliki syarat tertentu sebagai berikut:

1. Perancang grafis

- Menguasai teknik-teknik dasar videografi.

- Melampirkan portofolio desain dalam berkas dengan format pdf.

2. Videografer

- Menguasai teknik-teknik dasar videografi.

- Menguasai program pengeditan video ( Adobe Premiere, After Effect, dan sejenisnya)

- Melampirkan portofolio dalam bentuk kumpulan tautan video dengan format word.

3. Humas

- Mampu menulis berita dan siaran pers.

- Menguasai monitoring berita, perencanaan komunikasi, dan evaluasi program.

- Menguasai manajemen media sosial.

- Melampirkan portofolio dalam berkas dengan bentuk pdf.

Pendaftaran program ini terbuka untuk umum mulai dari 9-14 Januari 2020. Pendaftar program magang Ditjen Dikti dapat mengirimkan berkas lamaran melalui email: mfrouf@ristekdikti.go.id paling lambat tanggal 14 Januari 2020 hingga pukul 24.00 WIB.

Diharapkan program ini dapat menjadi referensi bagi para mahasiswa-mahasiswi untuk menambah pengalaman di dunia pekerjaan dan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia.

Sumber: Kompas.com