17 Agustus adalah tanggal tak terlupakan bagi seluruh rakyat Indonesia, karena pada tanggal tersebut Bapak Soekarno-Hatta secara sah membacakan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Untuk memperingati tanggal tersebut, biasa nya masyarakat mengadakan beberapa perlombaan. Mulai dari balap karung, makan kerupuk, panjat pinang dan lain-lain. Nah, disini kita akan membahas tentang makna dibalik setiap lomba tersebut. Apa aja sih maknanya? Yuk kita simak

1. Panjat Pinang

Perlombaan ini sudah ada sejak jaman Belanda, biasa nya digelar sebagai hiburan perayaan-perayaan penting orang Belanda di Indonesia, hajatan dan juga pernikahan. Kala itu juga penduduk pribumi berlomba-lomba mendapatkan hadiah yang di gantungkan di puncak pohon pinang sedangkan orang-orang Belanda menonton daroi bawah sambil tertawa.

2. Makan Kerupuk

Menggambarkan warga Indonesia jaman dahulu yang mengalami kesulitan pangan.

3. Tarik Tambang

Tanpa tim yang kompak, kemenangan akan susah diraih. Oleh karena itu, Tarik tambang memiliki makna gotong royong, kebersamaan, dan solidaritas.

4. Engrang

Lomba ini memiliki makna menghina atau mengejek kolonialisme Belanda yang bertubuh tinggi.

5. Balap Karung

Lomba ini mengingatkan kembali pada masa penjajahan Jepang, yang pada saat itu pakaian masyarakat Indonesia terbuat dari karung goni.

Sumber foto : Pasberita.com