Penerimaan mahasiswa 2020 sudah semakin dekat nih teman-teman! Ngomong-ngomong soal Penerimaan Mahasiswa Baru, sejauh mana persiapan kalian? Sudah tau belum mau masuk Program studi apa?

Saat kamu memilih jurusanmu, ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan seperti peluang masuk untuk masuk jurusan kamu itu. Ada beberapa jurusan yang memang sulit ditembus karena banyak peminat atau akrab dipanggil Jurusan Favorit.

Untuk memperbesar peluangmu diterima di suatu universitas, sebaiknya kamu menghindari jurusan favorit apabila...

1. Sebenarnya kamu tidak terlalu berminat dengan Jurusan tersebut.

Hindari memilih jurusan favorit jika kamu hanya merasa ingin menaklukkan jurusan yang sulit ditembus. Dalam kata lain, kamu hanya ingin namun tidak minat. Nantinya, setelah kamu diterima, kamu akan menghadapi jalan yang lebih Panjang lagi yaitu kuliah selama 4 tahun. Akan sia-sia kalau nyatanya kamu berjuang 4 tahun di program studi yang tidak kamu minati. Berani menaklukkan tantangan memang keren, tapi kamu juga harus tau apa yang akan kamu hadapi nantinya. Perjuangan kamu tidak hanya sampai kamu diterima saja loh!

2. Ingin membanggakan orang tua

Kadang apa yang orang tua inginkan tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan. Coba bicarakan dulu dengan orang tuamu sebelum mengambil keputusan jika kalian memiliki keputusan yang berbeda. Membanggakan orang tua bisa juga dilakukan kalau kamu belajar dengan tekun dan berprestasi di jurusan yang kamu inginkan. Akhirnya, kamu senang dan orang tua pun akan bangga denganmu.

3. Minat ada, namun.... Tidak memiliki kemampuan di bidang tersebut.

Sebaiknya, minat dilengkapi dengan kemampuan dan usaha. Kalau kalian ingin sekali masuk di jurusan yang ternyata kamu tidak memiliki kemampuan untuk di jurusan itu, lebih baik bekali dirimu sebaik-baiknya dengan ilmu di jurusan tersebut biar kamu bisa survive. Kalau tidak, cobalah cari jurusan yang kamu memiliki keduanya secara seimbang. Karena, tidak jarang ada kasus yang akhirnya mahasiswa di drop out karena tidak bisa "menyusul" dengan teman-temannya.

4. Memilih karena jurusan tersebut jurusan favorit

Jangan hanya karena banyaknya peminat, kamu jadi menyimpulkan bahwa lulusan prodi tersebut akan mudah mencari kerja. Kamu juga harus tau gambaran dari prodi tersebut, apa yang akan kamu pelajari dan prospek kerja apa saja nantinya saat kamu lulus.

Jadi, sebaiknya kamu pikirkan secara matang-matang lagi soal memilih prodi "favorit Bersama" itu ya... masih banyak jurusan yang memiliki prospek kerja yang menjanjikan loh... Yang terpenting lagi, jangan menyerah dan terus berdoa!

Sumber: Rencanamu.id