Kamu pasti tahu kan lukisan Mona Lisa yang dibuat oleh Leonardo da Vinci? Lukisan close up setengah badan dari seorang perempuan ini usianya sudah ratusan tahun tapi masih tetep diomongin lho! Apa yang bikin lukisan ini begitu istimewa? Simak nih!

Pertama, kita lihat dari objek lukisan. Gambar perempuan dari lukisan ini adalah sisi paling menonjol, sangat detail, dan proporsinya yang sempurna. Selain itu potret Mona Lisa memberikan senyuman unik, atau bisa dibilang senyuman yang gak sepenuhnya senyum alias nanggung. You know what? Kalau dilihat dengan seksama, Mona Lisa ini menggunakan kerudung transparan di kepalanya lho! Ini lah salah satu teknik melukis dari da Vinci yang banyak dikagumi.

Dilihat dari latar belakang lukisan Mona Lisa, lukisan ini menggunakan background surealis (surealisme: aliran dalam seni sastra yang mementingkan aspek bawah sadar manusia dan nonrasional dalam citraan). Pada masanya, lukisan dengan background blur sangat spektakuler. Terakhir, yang menambah ketenaran dari lukisan ini adalah cerita dicurinya lukisan Mona Lisa. Kamu tahu ceritanya? Fakta atau fiktif sih?