Terkadang, buat segelintir orang menabung menjadi hal yang mustahil dilakukan apalagi untuk pelajar muda yang uang jajannya kadang gak cukup untuk memenuhi kebutuhan di sekolah hanya karena banyak jajan. Kita bakal kasih beberapa tips yang bisa bikin kamu lebih hemat di sekolah, ini dia!

1. Usahakan jangan Beli Snack di Sekolah

Kenapa? Karena biasanya, sebagian besar snack mengambil margin/untung yang lumayan lah, misalnya minuman dingin yang kalau di beli di supermarket hanya Rp.3000,- dapat meningkat sampai Rp.5000,- bahkan lebih walaupun sepertinya kecil, tetapi untungnya sudah 66.66%

2. Pilih Menu Teririt yang Kamu Pikirkan

Mau irit tapi tiap hari makan ayam,sapi,ikan ya kalau makan di warteg sih masih irit, tapi kalau disekolah susah lah (kalo ga mustahil), mengapa? ya karena harga daging semacam itu mahal di kantin, pilih aja menu-menu sederhana seperti nasi+tahu/tempe+sayur atau nasi+telur+sayur kadang-kadang bisa menghemat paling sedikit 3-4 ribuan. Atau kamu bisa bawa bekal sendiri dari rumah.

3. Bawa Semua Perlengkapan Sekolah

Emang sih ya, kalau lupa bawa perlengkapan sekolah bisa dihukum, tetapi kadang bukan hanya dihukum saja, terkadang sampai harus membelinya di sekolah. Misalnya kita lupa bawa penggaris untuk seni budaya, kita harus beli tuh penggaris di koperasi, kan lumayan 3 ribu. Selain itu, dengan melakukan ini kita dapat melatih rasa tanggung jawab diri kita sendiri

4. Cari Alternatif Terhemat Untuk Bisa Pulang/Berangkat

Kamu harus pintar-pintar mencari alternatif terhemat untuk pulang kalau kamu tidak di jemput. Cara ini misalnya jika jarak rumah dekat tinggal jalan kaki, jika lumayan jauh bisa cari ojek atau aplikasi-aplikasi ojek online tetapi jangan lupa, lihat dulu promo-promonya dan gunakan itu sebaik-baiknya.

5. Jangan sia-siakan bantuan

Ini adalah salah satu yang paling penting, jika teman kita mengajak kita untuk nebeng dia pulang, atau mau ditraktir makan, gausah gengsi terima saja. Tetapi mereka yang harus nawarin, jangan kita sendiri yang minta ya, nanti dicap ga tau malu.

Itu dia tips - tipsnya, semoga bisa membantu kalian untuk lebih berhemat dan bisa menabung ya!