Sebagai pelajar yang hidup diera teknologi seperti sekarang, sangat menguntungkan bagi kita jika dapat memanfaatkan kemajuan teknologi untuk tugas sekolah. Dalam membuat situasi belajar yang mengasyikan dibutuhkan satu media yang kita terasa tertarik untuk belajar. Satu diantara media yang bisa dipakai untuk mendukung evaluasi yakni smartphone, sekarang ini smartphone memanglah tengah digemari banyak orang-orang pasalnya hp pandai ini bisa dipakai untuk mendukung beragam aktivitas dari mulai sebagai fasilitas hiburan, usaha sampai edukasi atau evaluasi.

Berikut ini aplikasi yang mungkin bisa membantu kalian dalam mengerjakan tugas.

1. Ruang Guru

Aplikasi ini memang sangat terkenal dikalangan pelajar, aplikasi ini memiliki segudang fitur yang akan memudahkanmu memahami materi-materi pelajaran. Kamu bisa belajar berbagai pilihan materi dengan menonton video yang tersedia pada aplikasi ini. Ada juga kuis yang bisa kamu manfaatkan untuk mengetes kemampuanmu.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa meminta bantuan dengan mengunggah pertanyaan yang kamu anggap susah melalui smartphone-mu.

2. Brainly

Brainly sebenarnya merupakan salah satu komunitas belajar terbesar di dunia. Kurang lebih terdapat 100 juta siswa dari 35 negara berbeda yang ikut berkontribusi. Jika kamu memiliki pertanyaan yang tidak bisa terjawab, kamu bisa coba menanyakannya di sini. Ada banyak guru, pengajar, dan murid-murid lain yang akan menjawab pertanyaanmu. Bagaimana jika ada yang menjawab secara ngawur? Tenang, karena setiap jawaban akan diverifikasi oleh para ahli untuk setiap subyek materi yang ditanyakan.

3. Google Classrom

Sebagai salah satu perusahaan terbesar di dunia, tentu Google harus memiliki konstribusi dalam dunia pendidikan. Hal itu diwujudkan melalui aplikasi Google Classroom. Aplikasi gratis yang bebas iklan ini akan membuat kamu lebih mudah berinteraksi dengan sesama murid dan guru. Contohnya, guru bisa mengunggah materi hari ini melalui aplikasi ini. Para murid juga bisa mengunggah tugas yang telah mereka kerjakan.

4. Duolingo

Aplikasi ini untuk membantu para pelajar yang ingin belajar bahasa, dan bahkan bukan hanya bahasa inggris saja. Kamu bisa mengerjakan banyak tes dalam bahasa yang berbeda, mulai dari yang mudah hingga yang sulit di aplikasi ini. Apalagi, kalau kamu ingin berkomunikasi dengan orang asing, yang bisa jadi adalah temanmu di sekolah, aplikasi Duolingo akan sangat berguna buat kamu! Apalagi, Duolingo ada di iPhone maupun di Android.

5. Studious

Aplikasi smartphone yang wajib dimiliki pelajar terakhir adalah Studios. Lupa mematikan suara dari smartphone-mu ketika pelajaran sedang berlangsung memang bikin kita kesal. Apalagi kalau smartphone jadi disita karena lupa mengaktifkan silence mode. Jangan sedih. Dengan aplikasi Studios, kamu bisa mengatur agar smartphone kamu bisa secara otomatis menonaktifkan suaranya agar tidak bunyi tiba-tiba saat pelajaran berlangsung

Nah itu tadi beberapa aplikasinya. Apakah kalian sudah mengunduh aplikasi-aplikasi diatas? Jangan lupa seimbangkan waktu belajar dan bermain ya!!.

cr pict: independent.co.uk