Jangan berkecil hati kalau kalian mempunyai nilai rata - rata di bawah 80 atau IPK di bawah 3, bukan berarti kalian tidak bisa mendapatkan beasiswa, justru ada banyak peluang untuk kamu mendapatkan beasiswa .

Disini saya akan memberikan beberapa fakta-fakta menarik untuk kalian :

1. Beasiswa yang menerima IPK dibawah 3

Beasiswa Australia Award scholarship, beasiswa ini hanya mensyaratkan IPK minimum 2,9, loh!

Ada juga loh beasiswa lain nya yang tidak mensyaratkan minimum IPK atau nilai rapot . Jadi buat kalian yang mempunya nilai dibawah 80 kalian berpeluang mendaftar di Chinese government scholarship, Brunei government scholarship ,atau beasiswa Turkiye Burslari.

2. Ada contoh orang -orang besar yang mendapat beasiswa dengan IPK di bawah 3

Seorang Gubernur Jawa Barat yaitu bapak Ridwan Kamil. Siapa sih yang tidak kenal dengan beliau ? dalam salah satu interview beliau pernah menceritakan bahwa IPK S1 nya hanya mendapatkan 2,7 namun beliau mendapatkan beasiwa untuk berkuliah di University of California at Berkeley .

Ada lagi nih seorang profesor bapak Rhenal kasali pun menurut informasi beliau mendapatkan IPK di bawah 3 namun beliau dapat meneruskan kulaihnya di University of illonis at Urbana Champaign hingga S3.

Tuh mereka saja bisa, masa kalian enggak?

3. Prestasi lain yang bisa kalian gunakan untuk mendapatkan beasiswa

Jangan salah loh organisasi -organisasi yang kalian ikutin di sekolah bisa menjadi salah satu syarat untuk mendapatkan beasiswa loh contoh organisasi nya kalau kalian seorang ketua osis bisa, atau sebagai pendiri komunitas yang berimpak besar, peluang kalian besar untuk mendapatkan beasiswa.

Atau dengan perlombaan olahraga atau perlombaan lainya kalian juga bisa dapat beasiswa.

Jadi, jangan cuma mengandalkan nilai akademik prestasi diluar akademik pun berpeluang untuk kalian mendapatkan beasiswa.

Foto : SUN Education