Kerja kelompok merupakan kegiatan yang sudah pasti dilakukan oleh para pelajar yang tengah diberikan tugas oleh guru. Biasanya, dilakukan usai mereka menimba ilmu di sekolah. Bisa kumpul di rumah si A, atau di tempat kongkow kekinian. Uniknya, di setiap kerja kelompok, beragam karakter teman kamu pasti terlihat berbeda. Ada yang pemikir, ada yang pendiam bahkan ada juga si tukang bercanda.

1. Pemikir. Tipikal teman kamu yang satu ini biasanya ditunjuk sebagai ketua kelompok. Ia dianggap bisa menjadi pemimpin dan menyelesaikan tugas yang diberikan. Ia juga memiliki sifat pemberani dalam mengungkapkan ide atau gagasannya kepada teman lainnya. Sehingga cocok untuk menjelaskan hasil kerja kelompok di depan kelas saat disuruh guru nantinya.

2. Juru tulis. Sifat teman kamu yang ini biasanya dipilih karena tulisannya bagus, enak dibaca. Umumnya kaum wanita karena memiliki ketelitian dalam berbagai hal. Ia juga dipilih karena sifatnya yang rajin dalam menyelesaikan pekerjaan rumah.

3. Tukang Guyon. Dalam satu kelompok, biasanya ada saja teman yang suka bercanda. Nah, orang yang satu ini biasanya cocok dijadikan 'tumbal' untuk maju kedepan atau saat presentasi hasil kerjaan. Ia biasanya memiliki kepercayaan diri saat mengutarakan sesuatu. Namun, jika ia tidak mau jangan dipaksakan karena bisa mengacaukan hasil.

4. Bossy. Untuk yang satu ini, sudah pasti ada di setiap tim kerja kelompok. Kerjaannya lebih banyak menyuruh dibandingkan untuk mengerjakannya sendiri. Meskipun demikian, teman seperti ini akan berguna untuk memberikan warna tersendiri dalam kelompok.

5. Pendiam. Lain lagi dengan teman kamu yang tidak suka ngomong alias pendiam. Biasanya orang seperti ini pemalu, namun memiliki ide yang cemerlang untuk menyelesaikan tugas kelompok. Namun, ada juga kalanya si pendiam ini sangat malas berbicara karena berbagai hal.

6. Tukang Traktir. Kehadirannya selalu dinanti karena bisa membuat perut kenyang tanpa harus mengeluarkan duit. Keberadaannya dinilai sangat tepat dalam sebuah kelompok usai mengerjakan tugas yang membuat perut terkadang 'kerucukan'

7. Tukang Manut. Nah, kalau yang satu ini biasanya hanya menuruti apa yang menjadi keputusan bersama tanpa memberikan masukan. Yang penting, namanya ada dalam kelompok tersebut dan akhirnya ia mendapatkan nilai atas kerja kelompok tersebut.

8. Si Tukang Protes. Biasanya teman seperti ini sukanya protes dengan pendapat yang disampaikan. Ia akan beradu argument, namun pada akhirnya ia menyetujui suara terbanyak. Tipikal orang ini kadang dibenci namun dinanti kehadirannya dalam sebuah kerja kelompok.

Nah, dari ke-8 tipe diatas, kamu termasuk tipe yang mana ya?

Foto : Dok. loop.co.id