Salah satu pengalaman menyenangkan saat menimba ilmu di perguruan tinggi adalah mengikuti pertukaran pelajar baik di dalam maupun luar negeri. Dimana pun tempat nya dan apapun pengalamannya, keikutsertaanmu dalam program pertukaran pelajar pasti memberi manfaat bagi pengembangan diri. Simak yuk, keseruan apa saja yang dirasakan oleh kalian yang pernah mengikuti pertukaran pelajar.

1. Belajar Bahasa asing langsung dari tempat nya

Pergi ke wilayah lain untuk menuntut ilmu untuk beradaptasi dengan keadaan setempat. Salah satunya adalah Bahasa. Boleh jadi kamu sudah mempersiapkan diri dengan mengikuti kursus Bahasa tapi ketika kamu sudah berada di daerah tujuan, ada kalanya kamu merasa gak paham dengan ucapan yang dikatakan langsung oleh penutur Bahasa ibu.

Nah, dengan mengikuti pertukaran pelajar kamu bias nih menyerap cara mereka berbicara sekaligus mempraktikan kemampuan berbahasa asing dengan penutur aslinya.

2. Pertukaran ilmu juga semakin baik

Memiliki banyak kolega yang baik dari segi keilmuan bias menjadi ladang rejeki buatmu. Artinya, mereka bisa menjadi sumber inspirasi terhadap gagasan-gagasan yang tengah kamu kembangkan. Mereka bisa memberimu masukan sekaligus ide bagi proyekmu.

Gak Cuma itu, jika kalian memang sepaham, bukan tak mungkin mereka akan membantumu mengembangkan gagasanmu agar semakin mudah di terapkan kepada masyarakat.

3. Belajar kebiasaan warga negara setempat yang amat berbeda dengan kebiasaanmu

Kebiasaan warga di negara tujuan dengan negara asal bias jadi berbeda. Di sejumlah negara maju seperti Jepang dan negara tetangga Singapura, keberadaan serta waktu orang lain sangatlah dihargai. Kelas perkuliahan akan dimulai tepat pada waktunya.

Biar gak ketinggalan kelas dan merasa malu, maka kamu pasti berusaha disiplin dan tepat waktu.

4. Belajar budaya tradisional langsung dengan warga setempat

Sebagai upaya untuk menarik minat peserta, umumnya panitia program pertukatan pelajar akan menyiapkan aktivitas berupa pengenalan budaya tradisional negara tujuan. Contohnya, peserta program pertukaran pelajar asal luar negeri yang belajar di Indonesia akan belajar tentang budaya asli kita, seperti belajar membuat jamu dan terpai ala pengobatan tradisional.

5. Berkeliling ke landmark negara tujuan

Mumpung berada di luar negeri, gak ada salahnya memberi kesempatan buat diri sendiri untuk mengunjungi landmark di wilayah tersebut. Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui nih!

6. Mecicipi makanan khas dari tempat tersebut

Setiap negara pasti memiliki makanan khasnya masing-masing. Contoh nya Jepang dengan sushi nya, Italia dengan pizza dan pasta nya, dan masih banyak lagi. Saat kita mencicipi makanan dari tempat tersebut sama saja kita telah menambah pengalaman dan wawasan kita tentang kuliner.

7. Pertukaran pelajar bias membuatmu mengenal budaya negara asal teman-teman barumu

Biasanya nih dalam program pertukaran pelajar, kamu akan bertemu sesama peserta yang berasal dari negara-negara lain. Kegiatan itu bisa kamu manfaatkan untuk sekadar mengenal budaya negara lain selain negara tujuan kamu belajar. Semakin banyak kamu mengenal budaya, seharusnya sih bakal membuat rasa toleransimu semakin tinggi.

8. Jejaring pertemananmu semakin luas

Bukan rahasia lagi kalau program pertukaran pelajar dapat membuat jejaring perkawananmu semakin luas. Kamu bakal punya teman baru dari berbagai negara. Gak cuman teman sebaya loh. Program pertukaran pelajar juga akan membuatmu berkenalan dengan para dosen serta professor di kampus luar negeri. Jejaring itu bisa kamu manfaatkan untuk aktivitas risetmu lho!

Jadi, buat kalian yang masih bersekolah, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mengikuti program pertukaran pelajar. Seru dan bermanfaat lho!

Sumber: idntimes.com / Foto : MainMain.id