Indonesia harus banyak belajar dari negara-negara dengan kualitas pendidikan yang baik tersebut.

Berikut ini adalah 10 daftar negara dengan kualitas pendidikan tertinggi baik dari aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik:

Finlandia

Beberapa tahun terakhir, Finlandia menduduki urutan pertama dalam kancah pendidikan.

Namun karena sistem perkuliahan yang sudah tidak digratiskan, maka bukan tidak mungkin ada kemunduran dari negara ini.

Ada beberapa hal yang perlu dicontoh dari Finlandia yaitu tidak ada ujian dan PR yang memberatkan anak-anak sehingga mereka bisa belajar dengan lebih semangat.

Belanda

Negara yang pernah menjajah Indonesia ini menjadi salah satu negara maju di bidang pendidikan karena sistem subsidi tinggi untuk bayi hingga anak-anak usia sekolah.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Ilmu Pengetahuan atau yang lebih sering disebut Menteri Marja van Bijsterveldt memberikan banyak program untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan dana cukup besar.

Inggris

Pemerintah Inggris mengharuskan adanya kebijakan umur anak untuk memulai pendidikan dasar mulai dari 5 sampai 10 tahun. Berbeda dengan Indonesia yang memiliki kebijakan di usia 6 tahun.

Namun, bisa jadi materi pembelajarannya tidak sulit dan cenderung menyenangkan sehingga anak-anak lebih banyak dilatih sosialisasinya dengan teman sebaya.

Polandia

Pendidikan di Polandia menjadi salah satu ranah bisnis yang menguntungkan bagi para pengusaha.

Namun, layanan yang diberikan juga sangat tinggi sehingga hasilnya pun berkualitas. Tidak heran jika negara tersebut mendapat peringkat ke-4 dari seluruh negara Eropa.

Irlandia

Irlandia mempunyai sistem pendidikan yang lebih mirip dengan Indonesia. Pasalnya, anak-anak tidak wajib bersekolah mulai dari usia 6 tahun.

Sebagai gantinya, sekitar 65% dari para balita mulai usia 4 tahun latihan di kelas dasar seperti TK.

Pendidikan di Irlandia juga dibekali dengan sistem terarah yang memaksimalkan kerja sama orangtua serta guru. Anak Berkebutuhan Khusus atau ABK pun bisa diakomodasi pendidikannya secara inklusif.

sumber photo : finansialku.com