Apa sih yang dimaksud gaya belajar? Gaya belajar adalah kemampuan seseorang dalam memahami informasi dengan cara penyerapan yang berbeda-beda. Beberapa orang memiliki cara sendiri untuk memahami suatu informasi dan disini kita akan menjelaskan 5 macam gaya belajar. Yuk simak penjelasannya!

1. Auditori

Auditori memiliki kelebihan dalam indera pendengaran. Mendengar, adalah kemampuan dari sang auditori, Karena hanya dengan mendengar mereka dapat memahami sesuatu dengan baik. Seperti saat proses menghafal, membaca, atau soal cerita.

Ciri-ciri nya :

a. Tidak bisa belajar di tempat yang berisik

b. Suka bercerita dan berdiskusi

c. Senang mendengarkan cerita

Kendala dari auditori adalah mereka sering lupa apa yang dijelaskan oleh guru. Mereka cendrung kurang suka membaca dan lebih suka langsung bertanya untuk mendapatkan informasi.

2. Visual

Visual memiliki kemampuan belajar dengan cara melihat. Dengan menggunakan indera penglihatannya yang tajam dan teliti. Pelajaran yang berhubungan dengan gaya belajar visual adalah matematika, Bahasa arab, symbol-simbol, dan lainnya yang berhubungan dengan bentuk.

Ciri-ciri nya :

a. Mengingat lebih cepat dan teliti saat melihat

b. Tidak terganggu dengan suara berisik

c. suka mendemontrasikan sesuatu

d. Memiliki ingatan yang baik terhadap bentuk, warna dan pemahaman artistic

e. Belajar dengan melihat dan mengamati pengajaf

f. Kemampuan menggambar dan mencatat sesuatu dengan detail.

Orang yang memiliki gaya belajar visual, adalah orang yang cendrung rapi, orangnya teratur.

Mereka juga memiliki kendala yaitu sulit menyalin tulisan dari papan tulis, tulisannya berantakan dan susah dibaca. Mereka juga suka percobaan atau peragaan.

3. Analitik

Hampir sama dengan visual, namun gaya belajar analitik biasanya lebih ditelaah secara terperinci, spesifik, dan teratur. Mengerjakan sesuatu sesuai uratannya.

Ciri-ciri nya :

a. fokus terhadap satu tugas

b. berfikir secara logika

c. tidak suka kalau ada bagian tugas yang terlewat

d. cara belajar tetap dan konsisten

Mereka cendrung menilai sesuatu berdasrkan fakta. Namun mereka sering tidak menemukan titik gagasan utamanya tentang tujuan tugas yang sedang dilakukannya. Mereka lebih cocok belajar sendiri baru bergabung dengan kelompok. Mereka juga memiliki kendala dalam belajar, dikarenakan hanya focus terhadap satu hal. Solusinya yaitu, membuat jadwal belajar yang terstruktur. Metode belajar yang tepat adalah konsisten dengan jadwal belajar yang telah dibuat.

4. Kinestetik

Kinestetik melibatkan gaya gerak, biasanya berkaitan dengan olahraga, menari, memainkan musik, percobaan laboraturium dan lainnya. Gaya belajar ini cocok untuk anak yang menyukai gerak dan dambaran imajinasi berdasarkan Gerakan.

Ciri-ciri nya :

a. menghafal dengan cara membuat Gerakan

b. menyukai pelajaran secara praktik

c. anak yang aktif dan suka bergerak

d. menggunakan objek nyata sebagai alat bantu

Mereka cendrung tidak bisa diam , dan mudah bosan dengan gaya pembelajaran yang konvensional yang hanya duduk diam mendengarkan. Metode belajar yang tepat adalah pembelajaran yang dilakukan dengan membuat permainan peran, praktik, skill, menari, dan lainnya.

5. Global

Global memiliki kemampuan memahami sesuatu secara menyeluruh. Pemahaman yang dimiliki berisi gambaran yang besar dan ada hubungan antara satu objek dengan objek lainnya. Mereka juga mampu mengartikan hal-hal yang tersirat dengan bahasanya sendiri secara jelas.

Ciri-ciri nya :

a. bisa melakukan banyak tugas sekaligu

b. mampu bekerja sama dengan baik

c. mampu mengutarakan dengan kata-kata tentang apa yang dilihatnya

Mereka biasanya kurang rapi, meskipun sebenarnya menyukai kerapian, dan berserakan. Harus mengkategorikan barang-barang sesuai tipenya. Meskipun satu tugas belum selesai, mereka juga akan mengerjakan tugas berikutnya. Mereka cendrung peka terhadap lingkungan di sekitarnya.

sumber: dosenpsikologi.com/ foto : Kompasiana.com