Kamu lulusan SMA tapi ingin jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS)? Jangan bersedih hati karena 4 kementerian ini sedang membuka lowongan untuk lulusan SMA dalam jumlah yang cukup banyak. Apa saja ya?

1. Kementerian Hukum dan HAM

Tahun ini, Kemenkumham kembali melaksanakan perekrutan CPNS ketegori SMA untuk jumlah yang paling banyak untuk posisi Penjaga Tahanan dengan kuota 878 orang.

Untuk mendapatkan username dan password dalam perekrutan ini, langkah yang harus anda lakukan pertama kali adalah melakukan pendaftaran yaitu dengan mengisi formulir pendaftaran pada https://sscn.bkn.go.id.

Namun, jika ingin mendapatkan info lebih lanjut bisa akses ke https://cpns.kemenkumham.go.id/ agar informasi yang diraih lebih akurat, deatil dan terpercaya.

2. Kejaksaaan Agung RI

Lembaga kedua yang merekrut CPNS kategori lulusan SMA ialah Kejaksaaan Republik Indonesia. Jabatan yang disediakan yakni Pengawal tahanan/narapidana sebanyak 309 orang.

Syarat khusus CPNS Kejaksaan Republik Indonesia lulusan SMA:

a. Usia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun saat mendaftar.

b. Tidak buta warna, tidak cacat fisik & mental, punya tubuh ideal dengan standard Body Mass Index (BMI) antara 18-25 dengan rumus berat badan dalam kilogram dibagi tinggi badan dalam meter kuadrat, tinggi badan pria min.160 cm dan wanita 155 cm.

c. Tidak bertato dan bertindik baik bagi wanita maupun pria

d. Bersertifikat keterampilan bela diri/pelatihan satuan pengamanan.

e. Berijazah komputer minimal program MS.Word dan mampu mengoperasikan internet.

f. Nilai akhir sekolah di ijazah atau Srat Tanda Tamat Belajar minimal rata-rata 7.00.

Jika ingin mengetahui lebih banyak informasi terkait, silahkan klik : https://rekrutmen.kejaksaan.go.id/#

3. Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS)

BASARNAS membuka posisi lulusan SMA untuk Juru Mudi, Juru Minyak, Masinis Kapal, Mualim Kapal, Kelasi serta Markonis untuk SMK Pelayaran.

Adapun syarat-syarat pendaftaran CPNS BASARNAS di antaranya adalah:

1. WNI yang taat pada Pancasila dan UUD 1945

2. Sehat jasmani maupun rohani

3. Usia minimal 18 tahun sampai 35 tahun

4. Catatan khusus bagi pelamar rescuer maka pelamar harus memenuhi kriteria sebagai berikut: Pelamar laki-laki, tinggi min. 165cm berat badan ideal. Pelamar perempuan, tinggi min. 155cm berat badan ideal

6. Belum menikah dan selama masa diklat CPNS BASARNAS (2 tahun) bersedia untuk tidak menikah

7. Memiliki sertifikat renang dan memenuhi syarat tes fisik

8. Memiliki Ijazah SMA/SMK sederajat. Bagi kualifikasi pendidikan DIII harus memiliki ijazah Diploma III dan lulusan dari perguruan tinggi negeri atau swasta yang sudah terakreditasi minimal B dari BAN-PT saat pelamar lulus. Jika berasal dari perguruan tinggi luar negeri maka wajib mendapatkan keterangan penyetaraan dari Kemenristekdikti.

9. Untuk lulusan SMA sederajat maka nilai rata-rata STTB minimal 7.0, sementara itu untuk lulusan D-III pada program studi akreditasi A memiliki ipk minimal 2.75 dan akreditasi B memiliki ipk minimal 3.0.

10. Memiliki SKCK atau surat berisi keterangan catatan kepolisian. Info lebih lanjut : http://www.basarnas.go.id

Apabila sudah memenuhi persyaratan, silahkan lakukan pendaftaran online melalui portal resmi sscn.bkn.go.id.

3. Kementerian Sosial

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 51 Tahun 2018 tentang Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Kementerian Sosial Tahun 2018, Kementerian Sosial membuka kesempatan kepada WNI yang memenuhi syarat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk ditugaskan di lingkungan Kantor Pusat dan Unit Pelaksana Teknis Kementerian Sosial RI yang tersebar di seluruh wilayah Republik Indonesia.

Untuk kualifikasi SMK, Kementerian Sosial membuka posisi Pekerja Sosial Pemula untuk sebanyak 20 orang. Info lebih lanjut, https://cpns.kemsos.go.id.

Nah, buat kamu yang memenuhi kualifikasi diatas, segera persiapkan persyaratannya agar lancar mendaftar pada 26 September 2018. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya!

Foto : http://ap.smkn1slawi.sch.id